Wednesday, December 23, 2009

Orang miskin di INDONESIA


Liputan6.com, Padang: Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf al Jufri menyatakan jumlah angka kemiskinan di Indonesia saat ini mencapai 76 juta kepala keluarga (KK). "Sedangkan penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan di Indonesia sekitar 20 juta KK," kata Mensos di Padang, Sumatra Barat, Selasa (22/12), seperti dikutip ANTARA.

Menurut Mensos, penduduk Indonesia yang berada pada garis kemiskinan dapat dibagi beberapa kelompok. "Kelompok lanjut usia (lansia) telantar, anak-anak telantar, masyarakat tidak layak huni yang dapat dikelompokkan sebagai penduduk Indonesia berada di garis kemiskinan", jelas dia.

Ia menambahkan, pada lima tahun silam angka kemiskinan di Indonesia mendekati sekitar 20 persen. "Sedangkan tahun 2009 ini angka kemiskinan sekitar 14 persen, jadi ada penurunan angka kemiskinan di Indonesia sekitar 46 persen," ucapnya. Dia mengatakan pula, pemerintah pada tahun 2014 akan menargetkan angka kemiskinan di Indonesia berkurang mencapai sekitar delapan hingga 10 persen.

"Persentase angka kemiskinan tahun ini sebesar 14 persen bisa ditekan hingga 8-10 persen pada 2014," ucapnya. Angka kemiskinan ini masih bisa ditekan karena Indonesia memiliki potensi untuk menanggulangi kemiskinan, yaitu struktur perekonomian dan pertumbuhan ekonomi yang baik serta program-program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat.

"Saya yakin persentase masih bisa diturunkan jika kita memanfaatkan potensi ini," katanya. Dia mengimbau pemerintah daerah selaku pelaksana lapangan untuk benar-benar memperhatikan kesejahteraan rakyat guna mengurangi angka kemiskinan.(ANS)
----------------------------------------------------------------------------
sengaja saya melampirkan secara penuh berita yang diterbitkan pada situs liputan6.com saya pikir banyak diantara kita yang akan tercengang dengan headline berita tsb. bagaimana mungkin indonesia yang katanya Zambrud khatulistiwa dan dalam lagu koesplus digambarkan dengan begitu indahnya "Tongkat kayu dan batu jadi tanaman" bisa memiliki 76 juta keluarga miskin, dalam perhitungan matematik sederhana maka akan mendapakan hasil 152 juta orang jika yang diperhitungkan hanya suami dan istri dan jika ditambah dengan dua anak maka akan menambah panjang daftar orang miskin di indonesia yaitu kira-kira 304 juta orang ???? terus bagaimana dengan data penduduk yang sering kita dengar bahwa jumlah penduduk kita kira-kira 230 juta manusia. apakah mungkin jumlah penduduk 230 juta dan jumlah penduduk miskinnya 304 juta orang tanya kenapa??
hal ini menambah panjang daftar ketidak percayaan saya dengan data yang dihimpun oleh pemerintah, sebegitu bobroknya kah sistem pencatatan dinegara kita??? tetapi yang paling saya pertanyakan adalah apa saja yang telah dikerjakan oleh pemerintah selama 5 tahun kebelakang??? Mungkin sudah saatnya kita berbalas pantun dengan pemerintah.
AYO KITA TANYAKAN SECARA TEGAS DAN TERBUKA APAKAH PEMERINTAHAN SBY YANG KE-2 INI PUNYA KOMITMEN UNTUK MEMBERANTAS KEMISKINAN DI NEGARA KITA
Orang miskin di INDONESIASocialTwist Tell-a-Friend

No comments:

Post a Comment

Free Download Area