Wednesday, January 6, 2010

Gus Dur Vs Soeharto (siapa yang bisa dianggap pahlawan)




Menarik untuk dikaji jika kita kita membandingkan 2 tokoh kontroversial ini, walaupun mengukir sejarah pada masa yang bersamaan tetapi mempunyai karakteristik yang sangat berlawanan. kalau kita membandingkan dalam kisah perwayangan, ibarat PANDAWA dan KURAWA. mereka adalah seteru abadi yang siap saling bunuh walaupun dalam kehidupan sehari-hari mereka tidak saling bermusuhan, yup... mereka hanya bersaing dalam kancah politik dan pemikiran dalam mengelola bangsa.
pak harto, adalah tokoh sentral dalam pemberlakuan pemerintahan yang otoriter dan terkenal kejam, walaupun masih sebatas wacana dan belum dibuktikan bersalah dimata Hukum dan sejarah. dalam pandangan saya pak harto adalah salah satu anak putra terbaik bangsa dan kualitasnya bisa dibandingkan dengan proklamator kita (soekarno-hatta), mungkin banyak orang yang akan menentang kalimat diatas. tapi mau tidak mau, suka atau tidak suka soeharto adalah jenius yang menetapkan pembangunan yang berjangka di negara kita.terlepas dari sikap otoriter, KKN yang dilakukan , soeharto memiliki ide-ide cemerlang yang tidak dimiliki oleh orang lain.
Gus Dur, memiliki karakteristik yang sama dengan soeharto, watak yang keras dan tegas menentukan kemana arah negara kita kedepan, tetapi ada hal yang membedakan dengan soeharto. gus dur lebih memilih jalan demokrasi murni (tidak seperti sekarang yang dipertanyakan arahnya, demokrasikah atau otoriter)dan selalu membelakangi soeharto yang lebih otoriter berbalut demokrasi. beliau adalah tipikal pemikir yang cerdas dan tanggap, pandangan-pandangannya tentang demokrasi jauh melampaui apa yang bisa dipikirkan oleh orang biasa.
memang tidak mudah membandingkan 2 tokoh yang saya kategorikan jenius dibidang pemerintahan, tetapi akan sangat mudah jika kita membandingkan jasa dan pelayanannya terhadap bangsa dan negara. soeharto mungkin bisa diselami pemikirannya setelah reformasi berlangsung sebab dalam kamus soeharto tidak ada kata "kenapa harus begitu" sedang gus dur mudah dimengerti sebab beliau memerintah di era reformasi, dimana segala informasi dapat diperoleh dengan mudah.
SIAPAKAH YANG AKAN ANDA PILIH MENJADI PAHLAWAN?
jika saya harus menjawab mereka berdua adalah pahlawan untuk saya dan pemikiran-pemikiran saya....
Gus Dur Vs Soeharto (siapa yang bisa dianggap pahlawan)SocialTwist Tell-a-Friend

No comments:

Post a Comment

Free Download Area